Cegah dan Hindari Sakit Jantung saat Muda, Terapkan Hidup Sehat dan Jauhi Rokok

  • Whatsapp

Salah satu masalah kesehatan yang rentan terjadi adalah penyakit jantung. Pada saat sekarang, hal ini bahkan rentan dialami juga oleh anak muda.

Pakar kesehatan mengingatkan, penyakit jantung seperti jantung koroner (PJK) bisa dicegah sejak dini. Hal ini bisa diperoleh melalui penerapan gaya hidup sehat termasuk menjauhi rokok, rutin berolahraga dan diet sehat.

Olahraga yang disarankan berintensitas ringan hingga sedang selama 30 menit dalam lima seminggu, sementara untuk diet sehat yakni bergizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh. Sebisa mungkin perbanyak makanan semisal sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan lalu menghindari santapan mengandung lemak jenuh yang tinggi, daging olahan dan makanan dengan gula tinggi.

Team Lead, Noncommunicable Diseases and Healthier Population, WHO Indonesia, Dr. Tara Kessaram dalam siaran persnya, juga menyarankan anak-anak muda mengkampanyekan gaya hidup sehat mereka melalui kegiatan-kegiatan positif di lingkungan sekitar.

Sementara itu, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Vito A. Damay menyarankan deteksi dini penyakit jantung melalui pemeriksaan medis. Ada berbagai pemeriksaan yang bisa dilakukan antara lain EKG atau alat rekam listrik jantung, foto X-ray dada atau rontgen.

“Biasanya orang baru akan menyadari kalau menderita penyakit jantung setelah mengalami serangan hebat. Untuk itu salah satu cara utama untuk mencegah penyakit jantung selain menjaga pola hidup sehat adalah dengan deteksi awal melalui medical checkup”, kata dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *