Jokowi Umumkan Calon Kapolri Baru

  • Whatsapp

Radiomuara.id / Jakarta, 12 Jan 2021

Presiden RI, Joko Widodo akhirnya mengumumkan nama pengganti Kapolri Jenderal Pol.Idham Azis yang akan pensiun pada 25 Januari 2021. Jokowi menunjuk Kabareskrim Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Listyo Sigit yang pernah menjabat sebagai Kapolda Banten itu, diajukan Presiden Jokowi ke Komisi III DPR pada Senin (11/1). Sigit akan menerima kunjungan anggota Komisi III ke rumah kediaman dan dilakukan wawancara bersama keluarga. Setelah itu pada Rabu (13/1) Sigit akan melakukan proses Uji Kepatutan dan Kelayakan di DPR. Sigit juga diminta program-program yang akan dilakukan selama menjadi Kapolri.

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, Jokowi memang memiliki chemistry dengan Listyo. Di samping itu, prestasi yang ditunjukkan oleh Listyo Sigit juga cukup baik. Di akhir tahun 2019, Listyo berhasil mengungkap penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. Sigit juga merupakan mantan Kapolres Solo pada tahun 2011 lalu ketika Presiden Jokowi menjadi Walikota Solo. Sigit saat ini masih menempati jabatan sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal ( Kabareskrim ) sejak 6 Desember 2019 lalu. Prestasi lainnya, Mantan Kapolda Banten ( 2016-2018 ) dan Kadiv Propam Polri ( 2018-2019 ) ini

Selama masa kepemimpinannya di Bareskrim, salah satunya adalah penangkapan terpidana kasus Bank Bali Djoko Tjandra yang telah buron selama 11 tahun. Listyo juga membongkar praktik suap terkait pelarian Djoko Tjandra yang ternyata melibatkan Kadiv Hubungan Internasional Polri Irjen Napoleon Bonaparte dan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Prasetijo Utomo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *