Sikapi Hari Pers Nasional, Jurnalis Harus Berikan Informasi Obyektif

  • Whatsapp

Radiomuara.id / Tangsel, 09 Feb 2021

Hari Pers Nasional (HPN) diperingati pada 9 Februari setiap tahunnya dan peringatan ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985, disebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Dewan Pers sendiri menetapkan Hari Pers Nasional (HPN) dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Dan puncak HPN 2021 akan digelar di Kawasan Ancol, Jakarta Utara dengan dihadiri Presiden Jokowi secara virtual.

Adapun HPN 2021 mengangkat tema, Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan.

Terkait pelaksanaan HPN 2021, Ketua Umum Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Maskur Husain SH yang ditemui redaksi Radio Muara di kawasan Tangsel menyampaikan ucapan selamat serta sejumlah harapannya kepada Pers Indonesia.

Menurut pemilik SGPro Music ini, Pers harus selalu menyampaikan informasi yang objektif, membangun, dan mengedukasi masyarakat. Kolaborasi dengan pemerintah juga sangat penting agar terjalin kemitraan melalui pemberitaan yang ada.

“Diharapkan insan Pers kedepannya dapat terus berkolaborasi dengan pemerintah dan membantu masyarakat memahami kebijakan maupun informasi yang ada. Sehingga, tercipta kemitraan yang lebih baik melalui pemberitaan-pemberitaan yang menjunjung tinggi prinsip elemen dan etika jurnalistik yang baik.” Ujar Maskur Husain, Selasa 9 Februari 2021.

Maskur Husain yang juga berprofesi sebagai pengacara menegaskan juga agar kiranya para Jurnalis jujur dalam mengemas produk Jurnalistiknya.

“Semoga keadilan selalu berpihak kepada yang benar dan para jurnalis bisa memberitakan apa yang benar-benar terjadi kepada bangsa ini.” Imbuhnya.

Sementara itu terkait dengan tema HPN 2021 yang mengangkat tema Bangkit dari Pandemi Covid-19 saat ini, Maskur Husain berharap fungsi kontrol tersebut juga diberlakukan agar tak terjadi berita bohong atau Hoaks.

“Tentu, untuk pencegahan disinformasi dan hoaks atau berita palsu tentang Covid-19 dan juga mendorong masyarakat agar terus menaati protokol kesehatan.” pungkas ketum HPI yang biasa disapa Alex Gamalama ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *