Media Diharapkan Hindari Pemberitaan Bersifat Hoaks

  • Whatsapp

Radiomuara.id / Jakarta, 24 Feb 2021

Peran serta media, baik media televisi, radio, cetak maupun online dalam penyebaran informasi terutama perkembangan wabah pandemi di Indonesia, tentunya dipandang sangat penting. Pasalnya, jika salah dalam memberikan informasi hal ini akan berdampak buruk pula kepada masyarakat. Masyarakat saat ini masih berharap banyak terhadap media untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat.

Hal ini terungkap saat digelar dialog interaktif ” Ngobrol Cerdas ” di studio Radio Muara pada Rabu siang ( 24/02 ). Dipandu host Adelitha Sudarto dengan nara sumber Rakisa ( Indonesia Care Forum ) dan Neng Ifni ( Penyanyi / presenter), serta CEO Sinar Media Indonesia Saiful SH melalui sambungan telepon.

tema kali ini mengangkat ” Peran Aktif Media, Publik Figur Ajak Masyarakat Terapkan Prokes Pasca Vaksinasi Covid19 “.

Dari sisi publish, Rakisa melihat peran media dalam penyampaian informasi tentunya harus sesuai dengan tatanan dan Undang – Undang Yang berlaku. Jadi, semua pemberitaan pun harus sinkron dengan yang didapat dan apa yang ada di masyarakat. sedikit saja media mempublikasikan informasi yang sesat, itu akan berdampak besar. Apalagi kini media lebih suka bermain dengan judul-judul yang menghebohkan. Sementara masyarakat kita lebih banyak yang terjebak dengan judul-judul tersebut.

Sementara penyanyi Neng Ifni mengaku, dampak pandemi memang berpengaruh besar terhadap aktifitas maupun kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat termasuk dirinya. Kegiatan rutin di panggung hiburan baik off air maupun on air semuanya terhenti karena terbentur juga dengan peraturan. Neng Ifni pun menyiasati hal ini dengan mengambil kesibukan lainnya seperti berbisnis kuliner secara online serta kesibukan lainnya yang tentunya tetap menerapkan prokes. Neng Ifni juga mengaku sempat phobia terhadap wabah ini, apalagi penyebarannya begitu cepat.

Sedang Saiful SH saat wawancara melalui sambungan telepon, mengajak masyarakat agar mendukung program mendukung program vaksin mendukung program vaksin dan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Saiful juga berharap, media sebagai penyedia informasi mampu mempengaruhi masyarakat termasuk kalangan artis atau selebritis. “Himbauan agar menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menyampaikan pentingnya vaksinasi dan lain sebagainya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *