Besok, Fenomena Gerhana Bulan Total Terlihat di Indonesia

  • Whatsapp

Radiomuara.id / Jakarta, 25 Mei 2021

Masyarakat Indonesia kembali dapat menyaksikan Gerhana Bulan Total (GBT) atau terkenal sebagai Super Blood Moon pada 26 Mei 2021.

R Jamroni, Staf Observatorium Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar menjelaskan peristiwa gerhana bulan total.

“Fenomena Blood Moon ini hanya terjadi saat fase bulan penuh dan mengalami Gerhana Bulan Total (GBT) di mana bumi bergerak di antara bulan dan matahari dan berada pada posisi garis lurus,” tulis Jamroni, dikutip dari bmkg.go.id.

Pada saat awal gerhana, bulan akan tampak lebih besar dan cerah. Hal ini karena bulan berada pada posisi paling dekat dengan bumi. Fenomena ini adalah Supermoon.

Kemudian, bulan akan tampak merah, seperti tembaga karena atmosfer bumi membiaskan cahaya matahari. Fenomena bulan memerah saat gerhana total disebut sebagai Blood Moon.

“Fenomena Super Blood Moon ini adalah akibat dari gelombang cahaya panjang yang datang dari bumi inilah yang membuat bulan tampak merah,” beber Jamroni.

Penampakan bulan ini bisa jadi lebih merah. Hal itu terjadi, jika atmosfer bumi memiliki lebih banyak polusi udara, tutupan awan, atau ketebalan partikel.

Masyarakat dapat menyaksikan gerhana bulan ini secara langsung tanpa bantuan alat optik.

“Fenomena ini menjadi cukup spesial karena bertepatan dengan Hari Raya Waisak tahun 2565,” kata Jamroni.

Terjadinya gerhana bulan bertepatan dengan Hari Raya Waisak ini hanya terjadi setiap 195 tahun sekali. Sementara, fenomena gerhana bulan sendiri terjadi dua kali dalam setahun.

“Proses GBT dimulai dengan gerhana penumbra yang dimulai pukul 15:46:37 WIB dan kontak akhir penumbra yang mengakhiri proses gerhana pada 20:51:16 WIB atau selama 3 jam 7 menit,” ungkap Jamroni.

Diperkirakan :
1/. Gerhana Penumbal terjadi mulai jam 15.47.39 WIB
2/. Gerhana Sebagian terjadi mulai jam 16.44.57 WIB
3/. Gerhana Total terjadi mulai jam 18.11.25 WIB,
4/ Tengah Gerhana terjadi jam 18.18.40 WIB
5/. Gerhana Total Berakhir jam 18.25.55 WIB,
6/. Gerhana Sebagian berakhir jam 19.52.22 WIB
7/. Gerhana Penumbal Berakhir jam 20.49.41 WIB .

Sumber Artikel : kompas tv

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *