Polres Jakarta Pusat Amankan Pengunjuk Rasa Terkait PPKM

  • Whatsapp

Radiomuara.id / Jakarta, 19 Juli 2021

Polres Metro Jakarta Pusat 15 pengunjuk rasa pada saat menggelar aksi unjuk rasa yang diketahui tanpa pemberitahuan (izin) saat PPKM Darurat di areal vital tepatnya depan KFC Losari Menteng Jakarta Pusat.

Puluhan massa yang mengatasnamakan HMI dan Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) itu sempat menutup jalan dan dengan tuntutan mereka menolak perpanjang PPKM Darurat,di depan Kantor Sekretariat Cilosari 17 Cikini,Menteng Jakarta Pusat,Senin (19/07/21) siang.

Petugas gabungan yang sudah berusaha melakukan upaya persuasif dengan mengimbau dan berkordinasi agar masa tidak melanjutkan aksinya karena selain melanggar PPKM Darurat juga mereka tanpa memberitahukan izin unjuk rasa,namun massa justru melempari petugas dengan batu dan kayu.

Sekelompok massa yang mengatasnamakan Jakarta bergerak dan mengatasnamakan HMI Jakarta Timur, SEMMI Jakarta Pusat serta HMI Jakarta Pusat.

Pada awalnya mereka bergerak di depan KFC kemudian menutup jalan.”ucap Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Guntur M Torik.

Pada masa PPKM Darurat,jelas bahwa kerumunan sangat dilarang dan termasuk unjuk rasa,apalagi di lokasi lokasi objek vital negara.

Jadi tidak benar bila polisi yang menyerang sekretariatan mereka da saat ini kami sudah amankan 15 orang pengunjukrasa untuk di lakukan pemeriksaan ”terangnya.

Massa dengan penanggung jawab lapangan Ismail itu berkumpul dengan mengatasnamakan Jakarta Bergerak (HMI Jakarta Timur ),SEMMI Jakarta Pusat dan HMI Jakarta Pusat) yang berjumlah sekitar 30 orang.

Aksi mereka menuntut penolakan PPKM di seluruh Indonesia dengan membawa pengeras suara (toa),tiga buah ban bekas (ban mobil 1 ditambah ban motor 2) dan mereka mengendarai sepeda motor serta massa juga berencana melakukan aksi unjuk rasa ke depan Istana Negara Presiden.

Kami justru melakukan himbauan kepada massa aksi untuk tidak melakukan unjuk rasa disaat PPKM Darurat namun tidak direspon baik oleh massa aksi,justru Massa mengusir petugas dan hendak melawan petugas untuk berhadapan langsung dari Sekretariat HMI Cilosari.

sekitar pukul 12.00 WIB,petugas kembali melakukan himbauan terkait PPKM Darurat dan dilarang melaksanakan giat unras.”jelasnya.

Sekitar pukul 12.50 WIB massa aksi selesai melaksanakan rapat internal dengan hasil bahwa mereka melakukan unras di depan KFC Cikini Raya.

“Massa aksi masih berada di dalam halaman HMI Cilosari Menteng sekitar pukul 13.00 WIB dan pukul 13.05 WIB massa aksi start longmarch menuju KFC Cikini Menteng,sekira pukul 13.10 WIB,massa aksi tiba di depan KFC Cikini menggelar aksi unjuk rasa, membawa bendera Merah Putih,bendera lembaga dan satu ban bekas mobil dan spanduk bertuliskan Jakarta Bergerak,Tolak PPKM #Jokowi Gagal.

AKBP Guntur M Torik melanjutkan,pukul 13.15 WIB tim Ops Polres Metro Jakarta Pusat terus melakukan imbauan kepada massa aksi namun tidak diindahkan.


Aksi massa kami bubarkan dan selanjutnya massa aksi dibawa ke Polres Metro Jakarta Pusat dengan jumlah yang diamankan 15 orang,karena telah melanggar PPKM,mengganggu ketertiban umum.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *