Polres Metro Jaksel Gelar Penyuluhan Adaptasi Baru

  • Whatsapp

Radiomuara.id / Jakarta, 25 Okt 2021

Satuan Binmas Polres Metro Jakarta Selatan gencar melaksanakan penyuluhan tentang protokol kesehatan serta tugas Polri dalam rangka penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah pandemi Covid-19,yang bertempat di aula kantor Kecamatan Tebet,Jakarta Selatan,Senin (25/10/21) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini dilakukan kepada Pokdarkamtibmas sebagai mitra Kepolisian agar dapat membantu masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah di tengah pandemi Covid-19 seperti dengan cara memakai masker,menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun,karena hal tersebut dilakukan demi mencegah dan mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 -19,selain itu juga perekonomian masyarakat tidak terhalang di tengah wabah ini.

Tahapan Adaptasi Kebiasaan Baru yang mulai di longgarkan pemerintah ini perlahan lahan perekonomian masyarakat tidak terhalang di tengah wabah covid19.

Polri sebagai perpanjangan tangan pemerintah selalu berupaya memberikan edukasi prosedur kesehatan dengan melaksanakan penyuluhan-penyuluhan guna mencegah penyebaran covid-19.

Penyuluhan ini memberikan edukasi protokol kesehatan serta himbauan kamtibmas sehingga tujuan penerapan adaptasi kebiasaan baru dan tujuan keamanan dapat berjalan dengan baik.” Ucap Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Selatan,Kompol Adji Wibowo yang diwakili Kanit Bintibmas, AKP Mujianto dan Kanit Binluh Iptu Wahyudin.

Guna mewujudkan situasi kamtibmas yang Kondusif atau memberikan rasa aman kepada masyarakat sesuai dengan arahan Bapak Kapolda Metro Jaya,tugas Pokok Binmas melakukan sambang menemui langsung warga masyarakat binaannya.

Dengan diterapkannya tahapan adaptasi kebiasaan baru,merupakan hidup baru namun tetap dengan prosedur kesehatan,jangan berhenti memberikan edukasi terkait prosedur kesehatan dan menjaga kamtibmas.” Imbuhnya.

Satuan Binmas bertugas menjalankan dan melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan dalam penyuluhan masyarakat,pemberdayaan,pengawasan,koordinasi keamanan masyarakat baik dalam bentuk pam swakarsa (swakarsa),polsus (Perpolisian khusus) serta menjalin kerja sama dengan organisasi masyarakat,lembaga-lembaga baik swasta maupun Negeri,Instansi-instansi swasta maupun Negeri dan menjalin silaturahmi dengan tokoh yang ada dalam masyarakat guna meningkatkan kesadaran dan ketaatan masyarakat akan hukum dan peraturan perundang-undangan serta terpeliharanya kamtibmas.

Dalam melaksanakan tugasnya sehari – hari Satbinmas mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut :

Pembinaan dan pengembangan peran serta masyarakat dalam pembinaan keamanan,ketertiban,kerjasama,silaturahmi dengan masyarakat sekitar.

Pembinaan dalam bentuk Pam swakarsa dalam rangka kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap hukum perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Pembinaan dilaksanakan terhadap komponen masyarakat baik orang tua,remaja,wanita dan anak-anak.

Pembinaan itu meliputi pembinaan teknis,pengkoordinasian dan pengawasan terhadap perpolisian khusus (polsus).

Pemberdayaan kegiatan dalam masyarakat yaitu Polmas “Perpolisian masyarakat ” seperti Pokdarkamtibmas yang meliputi pengembangan kemitraan dan kerja sama antara Polisi di sekitar wilayah tugas dengan masyarakat,organisasi,lembaga-lembaga swasta maupun Negeri,instansi swasta maupun Negeri dan atau tokoh yang ada dalam masyarakat.

Semoga apa yang diharapkan Institusi ini maupun harapan masyarakat akan terwujudnya Situasi Kamtibmas yang Kondusif di wilayah Jakarta Selatan.

Kegiatan sosialisasi ini akan kami laksanakan sampai dengan masyarakat di wilayah Kecamatan Tebet sadar dan mengerti tentang penerapan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari di tengah pandemi Covid-19.” Terangnya.

Lebih lanjut,bahwa kegiatan penyuluhan ini dilakukan agar masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan sehingga kegiatan perekonomian terlaksana dengan baik.

Ini merupakan bentuk upaya Polri untuk menjaga dan menjadi motor penggerak kepada masyarakat agar melaksanakan protokol kesehatan menjelang Adaptasi Kebiasaan Baru sehingga diharapkan nantinya kecamatan Tebet akan menjadi contoh bagi masyarakat luas.” Tegasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *