Dibuka Wakil Ketua MPR Dan Walikota Jakarta Timur, Festival Betawi Condet Berlangsung Semarak

RADIOMUARA

Dibuka wakil ketua MPR RI Fadel Muhammad, pelaksanaan Festival Budaya Condet pada Sabtu ( 03/09 ) berlangsung semarak.
Warga Condet dan juga warga di sekitar Condet seperti Kramat Jati, Kalisari, Cijantung, Pasar Minggu , Kalibata bahkan sampai Bekasi tampak tumplek ingin melihat dari dekat pelaksanaan event tahunan tersebut.

Bacaan Lainnya

Jalan raya Condet, tepatnya didepan lapangan Sepakbola Gedong Komplek Rindam Jaya terlihat macet parah. Hal ini disebabkan hilir mudiknya pengunjung yang memadati festival Betawi Condet tersebut . Petugas gabungan dibantu panitia berusaha mencairkan kondisi dengan mengatur arus lalulintas di seputaran lokasi.

             * Kuliner khas Betawi Kerak Telor *

Dalam festival tahunan yang sempat berhenti selama masa pandemi ini, beberapa tradisi dan budaya Betawi ditampilkan seperti palang pintu, gambang kromong, lenong betawi, tanjidor, tari zapin serta tak lupa pula Ondel – ondel sebagai maskot kota Jakarta ( Betawi ).

Ratusan peserta bazar / booth juga ditampilkan dengan menyajikan berbagai macam kuliner Betawi seperti kerak telor, bir pletok, dodol Betawi, selendang mayang, bahkan hingga gado – gado Betawi. Selain itu puluhan produk UMKM juga ditampilkan hingga membuat suasana bak pasar dadakan.

Ketua panitia Festival Betawi Condet Moch. Arifin mengatakan,

Festival ini digelar secara rutin setiap tahunnya, guna menjaga serta memperkenalkan seni budaya dan tradisi hingga kuliner masyarakat Jakarta tempo dulu ” Ujar Arifin

Arifin juga menambahkan, Festival Betawi Condet ini juga bertujuan agar generasi penerus bangsa terutama yang berada di Jakarta tetap faham akan budaya dan tradisi yang sudah ada sejak zaman leluhur.

                      * Moch. Arifin & H. Sodik *

Sementara itu, salah satu tokoh Betawi yakni Mat Licin atau yang lebih dikenal H. Sodik dalam sinetron Tukang Ojek Pengkolan ( TOP ) yang berkesempatan hadir tentunya tak bosan – bosan untuk mengajak. Agar masyarakat tetap mencintai budaya dan mengenal tradisi masyarakat Jakarta yang disebut dengan orang Betawi.

Kalau bukan kite yang jage, sapa lagi yang dapat menjaganye, tradisi dan budaye Betawi akan hilang kalau kita tidak merawatnye…iyak..iyak..iyak ” Ucapnya dengan logat Betawi dan ciri khas aktingnya di TOP.

Duta wisata nasional, Dion yang juga hadir tentunya mengajak semua lapisan masyarakat agar mencintai dan menjaga tradisi serta budaya yang ada di Indonesia

Bukan hanya budaya Betawi, di Jakarta ini bermacam kultur budaya ada seperti Sunda, Jawa, Arab dan lainnya. Itu juga merupakan bagian dari kota Jakarta dan saling terkait satu sama lain ” Ujar Dion .

                * Dion ( Duta Wisata Nasional ) *

Sebelumnya, Festival Betawi Condet ini resmi dibuka oleh wakil ketua MPR RI Fadel Muhammad dengan didampingi oleh walikota Jakarta Timur Muhamad Anwar serta Kasudin Kebudayaan Jakarta Timur, Kadis Kebudayaan, Kasudin Parekraf, Kapolres Jakarta Timur, Dandim Jakarta Timur serta undangan lainnya. Acara diawali dengan penampilan palang pintu dimana , tradisi palang pintu ini memang kerap digunakan dalam acara penyambutan seperti pernikahan serta lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *