Koplo International Sound Sensation 2023 Siap Digelar

RADIOMUARA

Berbicara mengenai musik di tanah air, Indonesia sebenarnya memiliki kebudayaan dari berbagai jenis musik seperti dangdut Koplo. Jenis musik Koplo sebagai sebuah kebudayaan yang mengakar dan tumbuh kuat diantara masyarakat menjadi ” Musik Rakyat “.

Koplo atau Dangdut/Koplo bisa dibilang skena musik joged terbesar di Asia Tenggara yang tentunya siap menjadi identitas bangsa sebagai salah satu pilar dalam eksistensi global. Musik koplo ini tentunya seolah seperti menunggu untuk dibangunkan dan menjadi seperti K-Pop.

Musik koplo sendiri muncul di awal tahun 2000an sebagai tawaran / aternatif baru atas musik dangdut yang sudah ada yakni dangdut klasik atau konvensional. Terlahir dari musik dangdut klasik, koplo bergerilya dari pentas hajatan ke hajatan lain, dari musik pinggiran kota / pedesaan. Berawa dari kota – kota kecil di Provinsi Jawa Timur, seperti kawasan industri di Sidoarjo. Ini mungkin dianggap sebagian kalangan sebagai sikap pembangkangan atas pakem musik dangdut klasik. Atau mungkin juga sebagai terobosan baru sarana hiburan yang cocok bagi kelas buruh pabrik / pekerja kasar. CD / Vcd bajakan adalah sebuah media publikasi yang membuat koplo dikenal di seluruh Indonesia.

Melihat hal tersebut, BATAVIA MUSIC COMPANY selaku perusahaan yang bergerak di bidang industri musik dan hiburan serta berada satu payung dengan perusahaan film  BATAVIA PICTURES bermaksud memperkenalkan sebuah konsep acara ajang pencarian bakat solois dan group musik amatir yang eksis diranah koplo untuk dibawa memasuki industri musik Indonesia secara profesional. Demi memuluskan rencana tersebut, perusahaan ini pun menggandeng dua pihak terkait yaitu DETEKSI PRODUCTION sebagai team produksi acara dan pihak TIMELESS sebagai publisher untuk bersama – sama menggelar acara pencarian bakat bertajuk ” KOPLO INTERNATIONAL SOUND SENSATION ”  atau disingkat KISS KOPLO.

Dalam konperensi pers yang menghadirkan narasumber Lucky dan Aji ( Batavia Music Company ), Teo ( Timeless ), Meike ( Gajahmada Record ), Muara ( Youtube ) dan Jc Lee ( Kpop ) di menara Peninsula kawasan S. Parman Rabu siang ( 23/11 ). ” KISS KOPLO “ hadir untuk mendeklarasikan musik koplo sebagai musik identitas rakyat Indonesia.

Beberapa penyanyi seperti Rizky Ridho serta Lala Widi pun menyatakan supportnya guna memeriahkan event nasional yang baru pertama kali digelar ini. Mereka pun menyatakan kesanggupannya jika harus dilibatkan langsung guna mensukseskan perhelatan akbar ” KISS KOPLO

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan Road To Kiss Koplo dari bara menuju timur di 100 Kabupaten dan Kota. Sedang Big band event nya sendiri akan digelar pada 2023 di Jakarta dengan dihadiri oleh 11 group koplo dari berbagai Asean ditambah 1 partisipan dari Eropa, Amerika, Australia dan Timur Tengah. Dengan kehadiran mereka tentunya diharapkan dapat membawa musik koplo sebagai sebuah identitas musik yang dapat bersaing pada level nasional maupun international.

Sebelumnya, acara KISS KOPLO akan menggelar pre event yang diberi nama ” Road To Kiss Koplo ” yang mana acara tersebut akan menyeleksi seluruh peserta atau partisipan dari 300 Kabupaten Kota yang mendaftar melalui website www.kisskoplo.com dengan menyertakan link vidio youtube mereka untuk mendapatkan 5 finalis / hasil seleksi di setiap Kabupaten Kota. 5 finalis di setiap Kabupaten Kota ini kemudian akan tampil secara live di venue yang telah dipilih penyelenggara. Masing – masing finalis akan tampil menyanyikan lagu ber Genre koplo dan langsung di shooting untuk menghasilkan vidio konser yang akan dijadikan konten youtube. Konten youtube ini akan di produksi dengan kualitas standard broadcast / shooting oleh tenaga profesional dan event ini direncanakan akan berjalan selama 7 bulan ke depan.

Melalui acara ini tentunya diharapkan akan bermunculan talent – talent koplo dari daerah yang memiliki potensi besar dan tampil di Ibukota Jakarta pada ” KOPLO INTERNATIONAL SOUND SENSATION 2023

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *